Berdasarkan  hasil  evaluasi  diri  (analisis  SWOT)  dan  visi  Stikosa-AWS untuk menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi yang salah satu kegiatan pentingnya adalah pengabdian kepada masyarakat, maka tema program pengabdian masyarakat LPPM Stikosa adalah Pemberdayaan Masyarakat yang berbasis riset melalui program peningkatan kompetensi di bidang ilmu sosial, budaya, teknologi, media dan komunikasi”. Tema  tersebut  diuraikan  ke  dalam program kegiatan dengan penjelasan sebagai berikut :

  1. Para civitas akademika terlibat secara aktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengabdian kepada masyarakat yang berbasis riset.
  2. Kegiatan   pengabdian   pada   masyarakat  merupakan  implementasi hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh civitas akademika.
  3. Pelaksanakan  kegiatan   pengabdian   pada   masyarakat   harus memberikan  dampak  positif  dalam  meningkatkan  kompetensi di bidang ilmu sosial, budaya, teknologi, media dan komunikasi.

Berbagai tujuan dan sasaran tersebut dapat tercapai sebab lokasi kampus Stikosa-AWS berdekatan dengan kawasan industri (Rungkut Industri), kawasan perumahan dan kawasan perkampungan di Surabaya Timur.  Demografi penduduk lokasi Surabaya timur  sangat beragam, mulai dari pendidikan, sosial, ekonomi, ideologi, dan sebagainya.

Lokasi yang strategis ini memberikan  peluang  bagi kampus untuk  bekerjasama  dengan industri dan pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama para masyarakat urban melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas. Selain dukungan lokasi, Ditjen DIKTI sebagai regulator pendidikan tinggi di Indonesia selalu mengembangkan program-program hibah pengabdian kepada masyarakat yang dapat diakses oleh segenap perguruan tinggi di tanah air. Kebijakan ini menjadi peluang bagi  segenap civitas akademika di lingkungan Stikosa-AWS untuk berkompetisi    memenangkan hibah pengabdian kepada masyarakat.

 

Program Strategis dan Kebijakan Institusi

Pengabdian Kepada Masyarakat Stikosa-AWS memiliki  orientasi  untuk  meningkatkan  kesejahteraan  masyarakat  melalui kegiatan  wirausaha.   Adapun   fokus   pengembangan  pengabdian  kepada masyarakat unggulan untuk pemecahan berbagai masalah masyarakat tertuang dalam tiga metode yaitu:

  1. Sistem pemberdayaan masyarakat melalui program peningkatan kualitas kompetensi di bidang ilmu sosial, budaya, teknologi, media dan komunikasi.
  2. Optimalisasi potensi lokal (local values) untuk pemberdayaan masyarakat
  3. Teknologi Informasi Komunikasi dan produk inovatif berbasis kearifan lokal dan berdaya guna tinggi.
ROADMAP PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT 2020 – 2024

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi – Almamater Wartawan Surabaya (Stikosa-AWS)
Jl. Nginden Intan Timur I/18, Surabaya – 60118. Indonesia
Telp : +6231-5967164, ext 117
Email : lppm@stikosa-aws.ac.id
WA : 082132246884

Flag Counter