Kuliah Kerja Lapangan berbasis Riset

Mahasiswa adalah luaran dari sistem pendidikan nasional yang akan menjadi penggerak bangsa di masa depan. Oleh karena itu, salah satu indikator kemajuan suatu bangsa dapat diukur dari kualitas mahasiswanya saat ini. Mahasiswa yang berkualitas adalah mahasiswa yang memiliki multi kecerdasan, kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan sosial. Oleh karena itu, proses pembelajaran perguruan tinggi harus mampu mengembangkan soft skills dan hard skills mahasiswa serta mampu membangkitkan, menumbuhkan, dan mengembangkan berbagai dimensi kecerdasan tersebut. Soft skills mahasiswa dapat dikembangkan melalui berbagai program, salah satunya melalui pengembangan masyarakat. Sehubungan dengan itu Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Stikosa – AWS memberi kesempatan kepada para mahasiswa untuk terjun mengabdi dan memberdayakan masyarakat melalui progam Kuliah Kerja Lapangan (KKL) berbasis riset.

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) berbasis riset adalah kegiatan pengembangan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui mata kuliah KKL disemester 6 (enam). Mahasiswa pelaksana KKL ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat agar terbangun daerah binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera. Di sisi lain, masyarakat diharapkan mampu menemukan dan mengembangkan potensi yang sudah ada untuk diwujudkan menjadi kegiatan nyata atau mengembangkan kegiatan yang telah  dirintis masyarakat menjadi lebih berkembang dan bermanfaat.

DASAR HUKUM

  • Undang-Undang Dasar 1945, Pasal 27 ayat (3)
  • Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dalam pasal 13 ayat 2
  • Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, pasal 4
  • Rencana Induk Pengembangan (RIP) Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat LPPM Stikosa – AWS tahun 2020 – 2024 
  • Rencana Strategis Pengabdian kepada Masyarakat LPPM Stikosa – AWS tahun 2020 – 2024

 

Dokumen terkait KKL berbasis Riset bisa diakses di halaman download >>

 

Formulir Online KKL berbasis Online

Form Online Pengajuan Proposal Riset Pra KKL

Form Online Laporan Riset Pra KKL dan Proposal Program KKL 

Form Online Laporan Akhir KKL

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi – Almamater Wartawan Surabaya (Stikosa-AWS)
Jl. Nginden Intan Timur I/18, Surabaya – 60118. Indonesia
Telp : +6231-5967164, ext 117
Email : lppm@stikosa-aws.ac.id
WA : 082132246884

Flag Counter